Minggu, 02 Agustus 2015

Tujuan Pendidikan Nasional



Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan masyarakat Indonesia untuk berakhlak mulia, beradab dan berketuhanan yang Maha Esa. Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan masyarakat Indonesia di segi Nasional atau pun Daerah, Selain itu Pendidikan Nasional ini diadakan guna memberikan kesamaan antar daerah supaya tidak terjadi kecemburuan karena daerah ini lebih dianggap lebih daripada daerah itu. Dengan adannya pendidikan Nasional ini selain membuat persamaan tiap daerah juga akan terjadi saling kejar mengejar dalam hal prestasi. Saling berlomba-lomba guna mencapai nilai yang terbaik.
Guna mencapai tujuan pendidikan nasional maka diadakanlah yang nama ujian nasional atau kita sering mendengarnya dengan istilah UN. ujian nasional biasanya dilakukan di akhir masa sekolah mereka. Seperti misalnya Sekolah SMA, maka UN dilakukan pada Kelas 3 Menjelang kelulusan. Untuk saat ini ujian nasional tidak menentukan 100% kelulusan bagi siswanya, melainkan penggabungan dengan nilai ujian sekolah pula. Hal ini dilakukan mungkin dengan maksud karena yang mengetahui layak atau tidak layaknya lulus sekolah tidak hanya berdasarkan ujian nasional saja, melainkan sekolah lebih mengetahui apakah muridnya itu layak lulus atau tidak. Maka dilakukan perubahan sistem penentuan lulus.

Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan masyarakat dari kebodohan dan ketertinggalan, Namun Tujuan Pendidikan Nasional ini tidak dapat di lakukan secara sama setiap daerahnya, karena di Indonesia memiliki banyak daerah atau banyak provinsi dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Seperti misalnya daerah A yang memang terletak di pelosok atau kampung yang nyaris terlupakan dan daerah B yang letaknya diperkotaan. Pasti hal ini harus ada perbedaan dalam hal pendidikan, karena lingkungan juga menjadi sebuah penentu kecerdasan anak bangsa Indonesia.
Sesungguhnya inti dari Tujuan Pendidikan Nasional adalah membuat atau membentuk karakter pada setiap manusia agar lebih mengerti tentang artinya Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Apabila Pendidikan tidak pernah ada maka saya sangat yakin akan terjadi sebuah peristiwa yang tidak akan mengenal apa itu perikemanusiaan. Yang ada hanyalah premanisme, brutalisme dan hal-hal negatif yang tidak ada dasar pendidikannya.
Selain mencerdaskan dalam Beriman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pendidikan Nasional memiliki tujuan menghilangkan sifat manusia dari ketidaktahuan dan kebodohan. Karena dengan adanya pendidikan maka manusia akan menjadi seseorang yang bisa dikatakan pandai.
Tapi apakah pendidikan nasional di negara kita ini sudah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, jawabannya antara ya dan tidak. Jawabannya ya karena ada beberapa atau sebagian daerah sudah sesuai dengan tujuannya pendidikan yaitu mencerdaskan masyarakat, menghilangkan ketidaktahuan dan kebodohan serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan jawaban tidak nya karena apakah sudah merata dalam hal pendidikan ini di Negara Indonesia tercinta ini, kalau sudah mengapa masih ada Anak yang sama sekali tidak mengenal ibu kota negaranya sendiri bahkan lebih parahnya lagi ada yang tidak tahu sama sekali mereka tinggal di negara mana. Bahasa Indonesia pun mereka tidak tahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar