Jumat, 31 Juli 2015

5 Cara Cepat Mengatasi Rasa Takut



Guys, apa sih yang kalian takuti di setiap kehidupan yang kalian jalani? hmm pasti macem-macem ya, nah terus gimana nih caranya mengatasi bahkan mencegah rasa takut itu ? 
tenang, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu teman-teman semua dalam mengatasi rasa takut kalian :)
 
5 Cara Cepat Mengatasi Rasa Takut

Setiap orang punya rasa takut, karena merupakan bagian dari perasaan seseorang. Tapi, kadarnya berbeda antara seorang dengan yang lainnya. jika takut yang dirasakan berlebihan dan menguasai hidup Anda, itu yang tidak sehat.

Anda harus menemukan cara mengatasi rasa takut, terutama ketakutan yang tidak rasional, dan merugikan, ada beberapa metode untuk mengatasi rasa takut, berdasarkan Methods of bisa Healing

1.Kenali ketakutan Anda
Langkah pertama mengatasi rasa takut cari dulu penyebabnya, apa yang membuat Anda merasakan takut, dan bagaimana perasaan itu menguasai Anda.
Dengan menyadari apa yang menyebabkan ketakutan, hal ini akan membantu Anda mengurangi rasa takut. Sebab, saat berusaha menyadarinya, Cobalah Anda berdialog dengan diri sendiri untuk mencoba mengatasinya.

2.Melawan ketakutan
Bila takut akan sesuatu, salah satu cara terbaik mengatasinya adalah menghadapi dan menantangnya. Jika Anda takut ketinggian, pergilah ke atas sebuah gedung tinggi dan melihat ke bawah. Cara ini membantu Anda mengatasi rasa takut.

3.Mengendalikan mental
Hal ini yang sederhana sekali seperti belajar mengendalikan pikiran Anda untuk menghindari rasa takut. Bila mulai merasa takut, lawanlah perasaan itu. Lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian dan hentikan perasaan yang membuat takut. Cara ini sangat efektif kang salman terapkan dalam mengatasi rasa takut.
Hal ini penting sekali dlakukan, terutama bagi mereka yang tidak mampu mengontrol ketakutannya sehingga selalu mengkhawatirkan hal-hal sama. Caranya, hanya menghentikan kekhawatiran atau ketakutan berlebihan.

4.Ubah ketakutan
Untuk menghadapi sumber dari rasa takut, maka harus mengakui apa yang membuat Anda takut. Setelah itu, mengubah rasa takut itu dengan mencari tahu cara menghadapinya.
Jika merasa takut berjalan sendirian pada malam hari, pada sebagian orang ada yang mengambil kursus bela diri untuk melindungi diri, pada sebagian yang lain dengan cara meningkatkan percaya diri, karena dengan percaya diri akan meningkatkan keberanian.

5.Relaksasi
keyakinan dapat memerangi ketakutan dalam diri sendiri, ini merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi rasa takut kita. Sambil melawan rasa takut, dengan membangun rasa percaya diri. Semakin Anda percaya diri, rasa takut yang menguasai pikiran Anda akan berkurang. Maka dari itu sangat disarankan untuk latihan Meditasi dan Yoga, latihan ini dapat menjadi aktivitas pilihan untuk mengatasi rasa takut.

Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan, mari kita bahas ini sekarang. Rasa takut, pasti setiap orang mempunyai perasaan ini, banyak faktor orang bisa mengalami ketakutan, tapi ada satu perasaan takut yang berlebihan dan namanya adalah Fobia. Fobia sendiri adalah rasa takut yang berlebihan terhadap suatu hal atau benda juga bisa terhadap situasi atau fenomena tertentu yang bisa mengganggu mental kita, terkadang fobia juga sulit dimengerti dan tidak masuk akal.

Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

Fobia bisa sebabkan oleh banyak hal, tapi mungkin orang mempunyai fobia bisa karena pernah yang namanya mengalami ketakutan hebat atau peristiwa traumatis di saat kita masih kecil atau sedang jaman-jamannya sekolah.
fobia sendiri mempunyai berbagai macam bahkan mencapai ratusan macam, tapi fobia bisa juga di bagi dalam tiga kategori
  1. fobia sederhana atau fobia khusus yang artinya ketakutan terhadap suatu objek,hal, atau kejadian tertentu bisa di ambil contohnya sesorang yang takut akan ketingggian, takut akan binatang, takut saat di tempat sepi, atau takut akan kegelapan.
  2. Fobia sosial atau bisa di artikan ketakutan seseorang yang menjadi pusat perhatian, biasanya orang yang mengalaminya suka diam di tempat yang sepi dan menyendiri
  3. fobia kompleks atau bisa di artikan ketakutan seseorang yang takut akan tempat ramai seperti di jalanan yang banyak suara bising dari kendaraan, biasanya orang yang menderita fobia ini takut kalo keluar rumah.
Apabila seseorang yang mempunyai fobia terus dia berada pada situasi yang membuat dirinya ketakutan bisa timbul beberapa gejala contohnya seperti di bawah ini :
  • jantungnya akan berdebar dengan kencang
  • akan sulit untuk mengatur nafas
  • dada akan terasa sakit
  • wajah memerah dan mengeluarkan keringat
  • merasakan sakit
  • gemetar
  • merasa pusing
  • mulut akan terasa kering
  • merasakan lemas dan bisa-bisa pingsan

Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi perasaan takut yang berlebihan atau fobia? Tentu saja ada orang yang mempunyai fobia bisa di atasi dengan beberapa cara,berikut:

1.TERAPI BICARA

jenis terapi ini biasanya akan efektif untuk menyembuhkan berbagai fobia. Dan terapi bicara yang biasa digunakan untuk mengatasi fobia adalah:
  • KONSELING : konselor akan mendengarkan masalah dari seseorang yang mempunyai fobia, dan setelah itu konselor pun akan memberikan berbagai cara untuk mengatasi fobia.
  • Psikoterapi : seorang psikoterapis akan menggunakan pendekatan secara lebih dalam terhadap orang yang mempunyai fobia lalu akan mencari penyebab kenapa orang itu mempunya fobia.
  • Terapi perilaku kognitif (cognitive behavioural therapy/CBT) : ini adalah suatu konseling yang akan menggali pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang untuk mengembangkan cara-cara efektif agar seseorang dapat melawan fobianya.

2.TERAPI PEMAPARAN DIRI

jenis terapi ini di lakukan bertahap selama periode waktu tertentu dengan melibatkan objek atau situasi yang membuatnya takut. Dengan perlahan seseorang akan merasa tidak takut lagi terhadap hal yang dia takuti.

3.MENGUNAKAN OBAT

mengunakan obat untuk mengatasi foboa sebenarnya tidak di anjurkan, karena biasanya dengan terapi bicara pun sudah cukup berhasil untuk mengatasi fobia, tapi obat juga digunakan untuk mengatasi efek dari fobia seperti rasa cemas yang berlebihan.
Dan obat yang di anjurkan untuk mengatasi perasaan cemas yang berlebihan adalah :
  • ANTI DEPRESAN, obat ini sering direkomendasikan untuk mengurangi rasa cemas, dan penggunanannya pun diizinklan untuk mengatasi fobia yang berhubungan dengan lingkungan sosial.
  • OBAT PENENANG, biasanya obat ini digunakan untuk mengatasi perasaan cemas yang parah, tapi dosis yang digunakan harus serendah mungkin dan penggunannya pun maksimal hanya 4 minggu saja di karenakan obat tersebut bisa menimbulkan efek ketergantungan.
  • BETA BLOCKER, biasanya obat ini digunakan untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular, contohnya masalah jantung atau tekanan darah tingggi, tapi obat ini juga berfungsi untuk mengurangi rasa cemas yang disertai dengan detak jantung yang tak beraturan.
Itulah mungkin sekilas Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan yang bisa saya share hari ini, semoga membantu menghilangkan fobia sobat semua, terima kasih sudah membaca Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

Mengatasi Rasa Cemas, Takut, Nervous yang Berlebihan

Pernahkah anda mengalami jantung berdegup sangat kencang, tak beraturan dan keringat dingin ketika nerveous, cemas atau takut?
Saya mengalaminya sejak kelas 4 SD. Ketika saya merasa panik, ketakutan, nervous terkadang jantung saya berdegup sangat kencang, tak beraturan dan telapak tangan berkeringat dingin. Saya coba tarik nafas dalam-dalam, relax dan ketika denyut jantung perlahan-lahan akan stabil, rasanya sakit dibagian rahang gigi (eneg) lalu seperti aliran darah naik ke otak.
Awalnya saya pikir ini adalah penyakit jantung. Setelah saya mencoba pergi ke dokter dan memeriksa kondisi saya, ternyata dua dokter mengatakan jantung saya sehat. Dokter menyarankan untuk berolahraga yang teratur. Dokter mengatakan bahwa penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor , kalau karena penyumbatan, ia rasa di usia saya tidak terjadi. Ia mengatakan bisa juga karena faktor psikomatis, dan sebagainya. “Sekarang yang harus dicari adalah penyebabnya,” kata dokter.
Setelah dari dokter, saya melakukan introspeksi. Apa sebenarnya yang saya butuhkan untuk kesehatan jantung saya? Mungkin karena perasaan nervous, takut dalam porsi yang berlebih selain itu mungkin juga karena kecapean. Ketika saya dihadapkan kepada beberapa tantangan, saya coba untuk tenang dan ternyata memang benar saya harus bisa mengendalikan keadaan. Selain itu, sekarang saya sedikit menyisakan waktu untuk hiburan seperti karoke-an di rumah , berkumpul bersamam teman-teman atau pun nonton.
Berikut ada cara yang saya kutip dari google:
Cara Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas
1. istirahat agar tenang secara fisik.
2. Alihkan perhatian dari hal yang mencemaskan selama 15 menit dengan jalan di sekitar tempat kediaman, membuat secangkir teh atau mandi.
3. Jika jantung berdenyut lebih cepat atau telapak tangan berkeringat, yang paling baik adalah jangan diperangi.
Letakkan telapak tangan di perut dan bernafas perlahan dan dalam (tidak lebih dari 12  nafas per menit) membantu menenangkan badan.
4. bantu pikiran anda terbiasa mengatasi panik dan dapat menghilangkan rasa takut.
5. Ambil waktu untuk memejamkan mata dan membayangkan sebuah tempat yang aman dan tenang.
6. Menceritakan rasa takut dapat menghilangkan banyak ketakutan.
7. Tidur yang baik, makanan lengkap dan sering jalan kaki merupakan obat terbaik untuk mengatasi keresahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar