TUGAS OBSERVASI KURIKULUM
Petunjuk :
1.
Observasi ke
sekolah dan tanyakan kepada guru (narasumber) perbedaan KTSP dan Kurikulum
2013, termasuk di dalamnya menyangkut aspek, tujuan, materi dan evaluasinya.
2.
Permasalahan apa
yang terjadi pada Kurikulum 2013
Nama Sekolah : SDN PANDEGLANG 1
Narasumber : Pak Yedi Junedi, SPd
1.
Apa perbedaan antara KTSP dan Kurikulum 2013 ?
Sebenarnya antara KTSP dan Kurikulum
2013 tidak jauh berbeda, antara KTSP dan K13 sebenarnya masih sama, sama-sama
pembelajaran itu terpusat pada si siswa, dalam kata lain masih sama-sama
menggunakan metode pendekatan ilmiah atau saintifik.
2.
Apa ada perbedaan dari segi aspek dan tujuan dari
KTSP dan Kurikulum 2013?
Jika ditanya perbedaannya mungkin jika
di Kurikulum 2013 itu lebih menekankan pada skill si anak baik soft skill
maupun hardskillnya, pengalaman maupun kemampuan si anak juga menjadi salah
satu aspek yang dinilai juga dipeerhituungkan dalam Kurikulum 2013 ini. Berbeda
dengan KTSP yang cenderunng hanya menekankan pada aspek pengetahuan (kognitif)nya
saja. Sedangkan tujuan dari Kurikulum 2013 itu mencetak lulusan yang
menyeimbangkan antara aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan, bukan hanya
pada aspek pengetahuannya saja seperti KTSP.
3.
Bagaimana mengenai materi yang disampaikan pada KTSP
dan Kurikulum 2013 ?
Jika di Kurikkulum 2013, apalagi di
jenjang SD kan sudah menggunakan Tematik Terpadu dimana semua mata pelajaran
dijadikan menjadi satu dan penerapannya sudah berjalan di setiap kelas (kecuali
kelas 3 dan 6 SD) tapi di KTSP Tematik terpadu itu hanya di kelas-kelas rendah
saja (kelas 1-3 SD) tetapi tidak seperti Tematik terpadu yang sekarang berjalan
di Kurikulum 2013. Banyaknya jam pelajaran juga berbeda antara KTSP dan
Kurikulum 2013, jika di KTSP jam pelajarannya itu lebih sedikit tapi mata pelajarannya
yang banyak, berbeda dengan Kurikulum 2013 walaupun jam pelajarannya lebih
banyak tetapi mata pelajarannya lebih sedikit dibanding KTSP. Proses
pembelajaran juga berbeda, jika di KTSP prosesnya eksplorasi, elaborasi dan
konfirmasi, sedangkan di Kurikulum 2013 proses pembelajarannya dilakukan dengan
lebih menggunakan pendekatan saintiffik (menanya, mengamati, mengolah,
menyajikan, menyimpulkan dan mencipta). Di Kurikulum 2013 juga kini Pramuka
menjadi ekstrakulikuler yang wajib ada di setiap sekolah karena di dalam
Pramuka lengkap mencakup keseluruhan aspek dan mata pelajaran sesuai dengan
yang ada di Dasa Dharma, dan Pramuka juga menjadi sarana yang bagus dan pas
untuk pembentukan karakter pada anak, berbeda dengan KTSP yang tidak mewajibkan
ekstrakulikuler Pramuka tersebut.
4.
Bagaimana mengenai evaluasi atau penilaian di KTSP
dan Kurikulum 2013 ?
Penilaian pada KTSP lebih dominan
pada aspek pengetahuan, sedangkan penilaian di Kurikulum 2013 menggunakan
penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan
pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
5.
Apa ada permasalahan di Kurikulum
2013 ini, misalkan mengenai pemahaman Gurunya mengimplementasikan Kurikulum
2013nya?
Mungkin jika membahas tentang Guru
dan Kurikulum 2013, alhamdulillah guru - guru di SDN Pandeglang 1 ini sudah
paham dan sudah mengimplementasi langsung, karena saat pertama kali Kurikulum
2013 tercetus ataupun dilaksanakan, SDN Pandeglang 1 ini menjadi salah satu
sample pelaksanaan dalam kata lain barometer Kurikulum 2013 di Pandeglang. Dan
setiap minggu diadakan evaluasi maupun pertemuan untuk KKG (Kelompok Kerja
Guru) yang melaksanakan Kurikulum 2013, disitu pula kami para guru saling
sharing mengenai Kurikulum 2013 ini, jadi jika ada yang kurang paham ya di KKG
itulah seharus mereka guru-guru yang kurang paham mempertanyakannya. Jika
kasusnya si guru itu tidak paham berarti ada dua kemungkinan yang terjadi.
Pertama si guru malu untuk bertanya langsung mengenai Kurikulum baru ini, dan
kedua si guru malas untuk menerapkannya, dalam kata lain dia paham, dia tahu,
dia mengerti tapi dia malas ataupun tidak bisa untuk mewujudkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar