Jumat, 31 Juli 2015

LAPORAN TUGAS OBSERVASI KURIKULUM



TUGAS OBSERVASI KURIKULUM

Petunjuk :
1.      Observasi ke sekolah dan tanyakan kepada guru (narasumber) perbedaan KTSP dan Kurikulum 2013, termasuk di dalamnya menyangkut aspek, tujuan, materi dan evaluasinya.
2.      Permasalahan apa yang terjadi pada Kurikulum 2013


Nama Sekolah             : SDN PANDEGLANG 1
Narasumber                 : Pak Yedi Junedi, SPd

1.      Apa perbedaan antara KTSP dan Kurikulum 2013 ?
Sebenarnya antara KTSP dan Kurikulum 2013 tidak jauh berbeda, antara KTSP dan K13 sebenarnya masih sama, sama-sama pembelajaran itu terpusat pada si siswa, dalam kata lain masih sama-sama menggunakan metode pendekatan ilmiah atau saintifik.
2.      Apa ada perbedaan dari segi aspek dan tujuan dari KTSP dan Kurikulum 2013?
Jika ditanya perbedaannya mungkin jika di Kurikulum 2013 itu lebih menekankan pada skill si anak baik soft skill maupun hardskillnya, pengalaman maupun kemampuan si anak juga menjadi salah satu aspek yang dinilai juga dipeerhituungkan dalam Kurikulum 2013 ini. Berbeda dengan KTSP yang cenderunng hanya menekankan pada aspek pengetahuan (kognitif)nya saja. Sedangkan tujuan dari Kurikulum 2013 itu mencetak lulusan yang menyeimbangkan antara aspek sikap, keterampilan dan pengetahuan, bukan hanya pada aspek pengetahuannya saja seperti KTSP.
3.      Bagaimana mengenai materi yang disampaikan pada KTSP dan Kurikulum 2013 ?
Jika di Kurikkulum 2013, apalagi di jenjang SD kan sudah menggunakan Tematik Terpadu dimana semua mata pelajaran dijadikan menjadi satu dan penerapannya sudah berjalan di setiap kelas (kecuali kelas 3 dan 6 SD) tapi di KTSP Tematik terpadu itu hanya di kelas-kelas rendah saja (kelas 1-3 SD) tetapi tidak seperti Tematik terpadu yang sekarang berjalan di Kurikulum 2013. Banyaknya jam pelajaran juga berbeda antara KTSP dan Kurikulum 2013, jika di KTSP jam pelajarannya itu lebih sedikit tapi mata pelajarannya yang banyak, berbeda dengan Kurikulum 2013 walaupun jam pelajarannya lebih banyak tetapi mata pelajarannya lebih sedikit dibanding KTSP. Proses pembelajaran juga berbeda, jika di KTSP prosesnya eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, sedangkan di Kurikulum 2013 proses pembelajarannya dilakukan dengan lebih menggunakan pendekatan saintiffik (menanya, mengamati, mengolah, menyajikan, menyimpulkan dan mencipta). Di Kurikulum 2013 juga kini Pramuka menjadi ekstrakulikuler yang wajib ada di setiap sekolah karena di dalam Pramuka lengkap mencakup keseluruhan aspek dan mata pelajaran sesuai dengan yang ada di Dasa Dharma, dan Pramuka juga menjadi sarana yang bagus dan pas untuk pembentukan karakter pada anak, berbeda dengan KTSP yang tidak mewajibkan ekstrakulikuler Pramuka tersebut.
4.      Bagaimana mengenai evaluasi atau penilaian di KTSP dan Kurikulum 2013 ?
Penilaian pada KTSP lebih dominan pada aspek pengetahuan, sedangkan penilaian di Kurikulum 2013 menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
5.      Apa ada permasalahan di Kurikulum 2013 ini, misalkan mengenai pemahaman Gurunya mengimplementasikan Kurikulum 2013nya?
Mungkin jika membahas tentang Guru dan Kurikulum 2013, alhamdulillah guru - guru di SDN Pandeglang 1 ini sudah paham dan sudah mengimplementasi langsung, karena saat pertama kali Kurikulum 2013 tercetus ataupun dilaksanakan, SDN Pandeglang 1 ini menjadi salah satu sample pelaksanaan dalam kata lain barometer Kurikulum 2013 di Pandeglang. Dan setiap minggu diadakan evaluasi maupun pertemuan untuk KKG (Kelompok Kerja Guru) yang melaksanakan Kurikulum 2013, disitu pula kami para guru saling sharing mengenai Kurikulum 2013 ini, jadi jika ada yang kurang paham ya di KKG itulah seharus mereka guru-guru yang kurang paham mempertanyakannya. Jika kasusnya si guru itu tidak paham berarti ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama si guru malu untuk bertanya langsung mengenai Kurikulum baru ini, dan kedua si guru malas untuk menerapkannya, dalam kata lain dia paham, dia tahu, dia mengerti tapi dia malas ataupun tidak bisa untuk mewujudkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar