Jumat, 31 Juli 2015

LAPORAN PRAKTIK MENGAJAR KEPRAMUKAAN




LAPORAN PRAKTIK MENGAJAR KEPRAMUKAAN



Oleh :
Nur Alifa Adiratna (2227132345)
Rinan (2227132123)
Kelas : V / C
Mata Kuliah : Pendidikan Karakter dan Kepramukaan

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2014


Profil Sekolah









A.    Latar Belakang Kegiatan
Dalam kurikulum baru 2013, kegiatan kepamukaan sudah di tetapkan menjadi kurikulum dan ekstrakulikuler wajib yang harus ada dan dilaksankan di setiap sekolah, baik tingkat dasar, menengah pertama, menengah atas hingga perguruan tinggi. Kepramukaan dijadikan sebagai ekstrakulikuler atau muatan local wajib karena di dalamnya tertanam poin-poin yang baik secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi katakter juga sikap anak. Sejalan dengan hal tersebut kepramukaan dan pendidikan karakter disatukan, dengan tujuan mengembangkan karakter peserta didik agar mampu mewujudkan nilai – nilai luhur pancasila.
Bukan hanya peserta didik saja yang harus siap dan paham mengenai pendidikan karatek dan kepramukaan ini, melainkan para tenaga pendidik atau pun calon pendidik pun harus bisa bahlan menguasainya. Oleh sebab itu kami para calon pendidik mencoba melakukan observasi sekaligus praktik melatih kepramukaan di sekolah – sekolah agar bisa mempraktikan pendidikan karakter dan kepramukaan dengan ilmu yang kami ketahui dan mencoba merasakan sensasi bagaimana melatih kepramukaan yang benar.  

B.     Maksud dan Tujuan Kegiatan
-          Mengembangkan tri darma perguruan tinggi
-          Mengembangkan nilai – nilai Dhasa Dharma dan Tri Satya
-          Melihat kegiatan kepramukaan
-          Memenuhi tugas Mata Kuliah Pendidikan Karakter dan Kepramukaan
-          Melatih bakat dan keterampilan dalam bidang Kepramukaan
-          Agar lebih bisa menjiwai peran sebagai seorang tenaga pendidik yang dituntut harus multi-talent.

C.    Agenda Kegiatan
1.      Jumat, 21 November 2014, pukul 13.30 – 16.30 WIB ,SDN Pandeglang 1.
-          Apel pembukaan
-          Perkenalan mahasiswa kepada adik adik pramuka pangkalan SDN Pandeglang 1
-          Melatih mengenal arah mata angin untuk tingkat siaga. Adik – adik pramuka siaga diminta membuat lingkaran lalu Pembina atau pelatih ada ditengah lingkaran. Kami bernyanyi sambil berjalan memutar menyanyikan lagu ‘disini senang’ dan arah mata angin. Setelah adik-adik hapal arah mata angin, permainan tebak arah mata angin pun dimulai. Yang tidak bisa menjawab diberi hukuman untuk bernyanyi ataupun menari untuk menghibur teman-temannya dan belajar untuk berani tampil di depan teman-temannya.
-          Istirahat/solat
-          Apel penutupaan
-          Sayonara
2.      Sabtu, 22 November 2014, pukul 07.30 – 09.00 WIB, SDN Pandeglang 1 (Pengembangan Minat)
Setiap sabtu, di SDN Pandeglang 1 disisipkan waktu untuk pengembangan minat para siswanya. Adapun kegiatan yang biasa dilakukan antaralain pramuka, menari, olahraga, menyanyi. Pada Sabtu ini kami memilih untuk membantu para guru mengembangkan minat para siswa di bidang pramuka, dan kami memegang siswa kelas tinggi (kelas 4 – 6) untuk melatih LBB (Latihan Baris Berbaris).
3.      Jumat, 28 November 2014, pukul 14.00 – 16.00 WIB, SDN Pandeglang 1
-          Apel pembukaan
-          Materi sejarah kepramukaan. Materi ini disampaikan di kelas karena keadaan saat itu sedang hujan dan adik – adik yang datang pun tidak sebanyak minggu lalu. Saat diberikan materi tentang Sejarah Kepramukaan adik –adik pramuka disana sudah cukup pintar dan tahu tentang Sejarah Kepramukaan tersebut. Lalu kami pun mengadakan tanya jawab di akhir latihan kepramukaan sore itu, siapa yg bisa menjawab dengan benar akan pulang terlebih dahulu.
4.      Sabtu, 29 November 2014,pukul 08.00 – 09.00, SDN Pandeglang 1 (Pengembangan minat)
Pada sabtu ini kami ikut membantu para guru dalam pengembangan minat, tapi kami sekarang di pisah. Satu (Rinan) di pramuka (LBB) dan satu lagi (Alifa) di Tari.
5.      Jumat, 05 Desember 2014, pukul 13.30 – 16.30 WIB, SDN Pandeglang 1
-          Apel pembukaan
-          Pemberian materi (untuk tingkat Penggalang) tentang tali menali, mulai dari simpul pangkal, jangkar, laso, tali mati, dsb.
-          Pengarahan tatarcara membuat tandu
-          Untuk tingkat siaga diberi materi tentang sanitasi (kebersihan diri sendiri) dan higiens (kebersihan lingkungan) juga diadakan permainan pindah kelereng melalui media sendok dan memasukan paku ke botol dengan tutup mata.
-          Istirahat/solat
-          Apel penutupan
-          Sayonara
6.      Sabtu, 06 Desember 2014, pukul 08.00 – 09.00 WIB, SDN Pandeglang 1.
Penutupan pelatihan mengajar kepramukaan dengan Pembina pramuka dan siswa siswa SDN Pandeglang 1.

























 
           














Tidak ada komentar:

Posting Komentar